Menghilangkan Mata Panda

Menghilangkan mata panda adalah salah satu impian banyak orang. Mata panda atau lingkaran gelap di area sekitar mata cenderung  membuat wajah terlihat kusam dan lelah. Tak jarang seseorang juga menjadi tampak lebih tua karena mata panda ini.

Mata panda biasanya memang bisa di samarkan dengan make up seperti foundation atau concealer. Namun untuk mata panda yang sifatnya tidak permanen, bisa dihilangkan atau sedikit dipudarkan kok dengan gaya hidup sehat. Ketahui lima penyebab timbulnya mata panda berikut ini:

 

5 Penyebab Mata Panda

1. Keturunan

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab utama timbulnya lingkaran gelap di area mata. Jika orang tua dan nenek kakek anda memiliki mata panda, maka kemungkinan besar anda juga memperolehnya dari mereka.

Seorang dermatologist Dr. Sonia Batra menjelaskan bahwa kulit yang lebih gelap atau lebih berwarna zaitun, seperti pada orang-orang yang berasal dari Mediterania atau Timur Tengah, dapat memiliki tingkat pigmen (melanin) lebih tinggi di bagian bawah mata, yang mengakibatkan perubahan warna menjadi gelap.

 

2. Jam Tidur yang Berantakan

Ritme tidur yang berantakan dan tidak pada waktunya juga dapat mengakibatkan munculnya lingkaran gelap pada mata. Bukan hanya kurang tidur, terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan mata panda.

Tak hanya itu, posisi tidur yang kurang baik pun dapat menimbulkan mata panda, seperti tidur dengan posisi tengkurap yang menekan bagian perut dan wajah.

 

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Walaupun mata panda dapat ditutupi menggunakan produk-produk kosmetik seperti concealer, namun jika memiliki mata asli tanpa lingkaran gelap di bawahnya tentunya akan jauh lebih baik. Untuk itu anda perlu menerapkan gaya hidup sehat, seperti minum air putih minimal delapan gelas sehari, rajin olahraga dan juga banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K. Selain itu, hindari rokok dan tidur cukup atau minimal tujuh jam sehari.

 

4. Alergi

Alergi yang timbul pada area mata dapat membentuk lingkaran pada mata menjadi lebih gelap. Contohnya adalah alergi pada serbuk sari bunga, rumput, dan ketombe. Hal ini dapat menyumbat bagian pembuluh darah di sekitar mata dan menimbulkan warna kebiruan juga pembengkakan.

 

5. Membersihkan Wajah Secara Berlebihan

Terlalu sering membersihkan wajah ternyata juga bisa memicu timbulnya mata panda. Terlebih lagi jika Anda menggosok area mata terlalu kencang saat menghapus riasan mata. Gerakan kasar di area sekitar mata yang kulitnya cenderung tipis dapat merusak pembuluh darah halus sekitar mata.

Gunakan produk yang bisa menghapus makeup secara total dalam sekali sapuan sehingga Anda tidak perlu menggosoknya terlalu keras secara berulang kali.

 

Bahan-Bahan untuk Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya ampuh menyamarkan bahkan menghilangkan mata panda, berikut penjelasannya:

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan mata panda
Cara menghilangkan mata panda / via : stylecraze.com

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang ada pada aloe vera dipercaya dapat membantu meredakan pigmentasi dan area gelap di bawah mata. Cukup oleskan gel atau ekstrak lidah buaya pada bagian bawah mata sebelum anda tidur, kemudian pijat lembut dan diamkan selama 10 menit. Setelah mengering, bersihkan dengan air bersih.

 

2. Teh Hijau

Cara menghilangkan mata panda dengan teh
Cara menghilangkan mata panda dengan teh basi / via : majalahteras.com

Bagi kamu yang bekerja seharian di depan laptop atau sering beraktivitas memegang gadget, akan lebih rentan menghadapi masalah mata panda. Coba kompres mata anda menggunakan satu kantung teh hijau yang sudah diseduh kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Lakukanlah perawatan setiap malam sebelum anda tidur.

 

 

Cara menghilangkan mata panda dengan teh
ilustrasi cara menghilangkan mata panda dengan teh / via : Bacaterus.net

 

3. Cuka Sari Apel

Menghllangkan mata panda dengan cuka apel
Menghilangkan mata panda dengan cuka apel / via : foodsforbetterhealth.com

Cuka apel memang terkenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh dalam meringankan beberapa masalah kulit termasuk lingkaran hitam atau mata panda pada area bawah mata. Kandungan mineral dan vitaminnya mampu membantu meremajakan daerah bawah mata.

 

4. Madu

menghilangkan mata panda dengan madu
menghilangkan mata panda dengan madu / via : pcdn.co

Tidak hanya manis rasanya, madu juga mampu menghilangkan mata panda karena sifatnya sebagai anti-oksidan dan anti-penuaan. Oleskan madu murni pada area mata yang gelap kemudian biarkan selama 30 menit. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setiap hari agar anda cepat memperoleh hasilnya.

 

 

Selain Memakai Bahan Alami, 4 Cara ini juga Ampuh Menghilangkan Mata Panda

Jika bahan alami dirasa kurang maksimal dalam memberikan hasil yang anda dambakan, maka anda bisa mempertimbangkan beberapa cara di bawah ini:

1. Memakai Eye Cream atau Krim Mata

Menghilangkan mata panda dengan eye cream
Menghilangkan mata panda dengan eye cream / via : idntimes.co

Rajin menggunakan eye cream atau serum khusus untuk area sekitar mata akan berfungsi untuk memberikan kelembapan, serta melancarkan sirkulasi darah di bawah jaringan kulit sekitar mata.

Lingkaran hitam cenderung mudah muncul ketika sirkulasi di area kulit mata anda kurang lancar. Carilah krim yang mengandung peptida untuk meningkatkan produksi kolagen dan retinol (dengan konsentrasi rendah) untuk menyamarkan pigmen.

2. Menggunakan Cleansing Oil

menghilangkan mata panda dengan Cleansing Oil
menghilangkan mata panda dengan Cleansing Oil / via : femaledaily.com

Membersihkan makeup mata menggunakan cleansing oil atau minyak pembersih, baik untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki lingkar mata gelap. Menggosok mata untuk membersihkan makeup dapat merusak kapilari sehingga menyebabkan kulit sekitar mata menjadi berwarna gelap atau menghitam.

Tekstur minyak mampu meluruhkan makeup mata dengan mudah sehingga Anda tidak perlu menggosok-gosok kulit sekitar mata.

 

3. Memakai Concealer

Menghilangkan mata panda dengan concealer
Menghilangkan mata panda / via : ytimg.com

Gunakan concealer untuk menyamarkan atau menghilangkan mata panda Anda. Concealer memiliki beragam warna yang disesuaikan dengan masalah kulit wajah anda. Jika Anda salah memilih warna concealer, bukannya menutupi si mata panda, bisa jadi anda malah menonjolkannya.

Lingkar gelap mata setiap orang berbeda-beda, begitu pula dengan warnanya. Gunakan teori warna, dan pilih warna yang berlawanan untuk melawan  warna yang ingin Anda samarkan. Misal, lingkar mata gelap Anda berwarna keunguan, maka samarkan dengan concealer berwarna kuning atau oranye. Jika kulit sekitar mata berwarna kemerahan, samarkan dengan concealer berwarna hijau.

Jika anda merasa kesulitan menggunakan concealer dengan warna-warna lawan, maka gunakan concealer dengan warna yang paling mendekati warna kulit asli anda. Jangan menggunakan warna yang terlalu cerah karena malah akan semakin menonjolkan kekurangan pada area mata anda.

4. Suntik Filter

Menghilangkan mata panda dengan suntik filter
Menghilangkan mata panda dengan suntik filter / via : youtube.com

cara yang kelima adalah menggunakan penanganan dokter yang ahli di bidangnya. Salah satu langkah medis yang bisa dipilih adalah melakukan suntikan filler di klinik kecantikan atau dokter spesialis kulit dan kosmetik.

Tindakan ini dapat mengoreksi cekungan di area bawah mata yang disebabkan oleh berkurangnya kolagen di dalam tubuh. Injeksi akan membantu menyamarkan dan memperbaiki bayangan dari jaringan bawah mata sehingga terlihat lebih berisi dan membuat warna gelapnya tampak memudar.

 

5. Perbaiki Pola Hidup

Jangan hanya mengobati mata panda dari luar. Anda juga harus menjaga pola hidup dan pola makan untuk membasmi mata panda dari dalam.  Cobalah tidur lebih banyak, hentikan kebiasaan merokok, kurangi minuman beralkohol dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Hindari juga beberapa jenis makanan yang akan memperburuk kondisi kulit anda seperti kopi, makanan asin atau makanan dengan kandungan garam tinggi, makanan berminya seperti gorengan, serta susu dan produk-produk olahan susu lainnya.

Tinggalkan komentar