Materi Olahraga Renang (Lengkap)

Olahraga Renang – siapa sih yang gak suka berenang? mungkin kucing aja kali ya yang gak suka main air atau berenang, karena memang dasarnya kucing takut air wkwk. Sudah bukan hal yang asing lagi kalo semua orang suka dengan berenang, mau itu anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tuapun suka dengan berenang, apalagi berendam hehe.

Renang
Via : swimswam.com

Nah kali ini Carikeringat akan mengulas secara lengkap mulai dari pengertian, sejarah, manfaat, teknik dasar, macam gaya renang dan resiko renang. buat kalian yang belum tau apa itu renang bisa simak artikel ini sampe tuntas. ingat jangan skip bacanya ya.

Pengertian Renang

Berenang
Via : idahostatejournal.com

Renang pada dasarnya merupakan gaya pergerakan badan yang dilakukan di dalam air seperti layaknya seekor ikan. ikan berenang menggunakan beberapa bagian tubuhnya agar dapat berenang di dalam air.

Renang oleh manusia sering dilakukan untuk beberapa tujuan yaitu, seperti sebagai sarana olahraga, dan rekreasi. Renang sering dilakukan oleh manusia di berbagai tempat, seperti di sungai, laut, danau, dan kolam renang.

Olahraga Renang

Olahraga Renang
Via : kyodonews.net

Renang merupakan cabang olahraga Aquatic. Olahraga ini sering dipergunakan dalam ajang perlombaan adu kecepatan seorang atlet dalam berenang. Perenang dapat dikatakan sebagai pemenang jika perenang tersebut mencapai garis finish lebih dulu.

Renang adalah permainan olahrga yang paling simpel karena tidak perlu memerlukan penggunaan peralatan olahraga lainnya. Renang hanya memerlukan kekuatan fisik dengan menggerakan kedua tangan dan kedua kaki untuk dapat melakukannya.

olahraga raga ini tak hanya dilakukan oleh orang yang normal saja, orang dengan cacat tubuh juga dapat melakukannya, semua itu hanya memerlukan usaha serta keseriusan. Satu-satunya cara untuk menunjang agar cepat bisa berenang adalah dengan kursus kepada para ahlinya.

Olahraga renang bukan hanya digunakan dalam perlombaan dengan adu kecepatan, tetapi juga digunakan dalam lomba seperti renang indah, lompat indah, renang dalam perairan terbuka dan polo air. Dan semua peraturan renang yang tertera mengikuti ketetapan dari lembaga / induk organisasi yang bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Di indonesia induk organisasi tersebut dinamakan dengan Persatuan renang Seluruh Indonesia.

Pengertian Renang dari Beberapa Sumber

Ada beberapa sumber pengertian renang. Sumber – sumber tersebut seperti menurut. Abdoelah, Erlangga dan Kasiyo Dwijowinto. Berikut penjelasan detail oleh para sumber ketiga tersebut :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Renang adalah merupakan gerakan badan, yang menyelam, mengapung, melintas di air menggunakan tangan, kaki, sirip, ekor, dan lainnya.

Menurut Abdoelah (1981:270)

Renang merupakan permainan yang dilakukan di air. mau itu di air tawar atau di air laut, di kolam atau di sungai. Pada intinya permainan tersebut dapat dilakukan jika terdapat air.

Menurut Kasiyo Dwijowinto (1979:1)

Renang merupakan cabang olahraga yang dapat diajarkan kepada seluruh usia manusia. mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dan juga bayi yang sudah berumur beberapa bulan juga dapat diajarkan untuk renang.

Menurut Erlangga (2010:75)

Renang merupakan suatu kegiatan permainan yang menyenangkan dan juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Manfaat renang tersebut dapat memberikan kekuatan otot tubuh, paru-paru dan jantung, dan juga dapat memberikan atau membangkitkan rasa berani dalam diri seseorang.

Sejarah Renang

Sejarah Renang
Via : bluewaveswim.co.uk

Renang sebelumnya telah ada sejak zaman pra-sejarah dimana diketahui adanya beberapa gua yang di percayai sebagai tempat para perenang di zaman batu. Gua – gua tersebut terletak di sebelah barat daya Mesir dekat Wadi Sora.

Ditemukannya stempel lilin di Mesir yang berkisar berumur 4000 sampai 9000 tahun SM (sebleum masehi) stempel lilin tersebut menunjukan sebuah gambar/lukisan empat seorang perenang dengan menggunakan gaya bebas.

Di Babylonia juga terdapat lukisan dinding yang menunjukan mereka menggunakan teknik gaya dada. Diperkirakan lukisan dinding tersebut berumur sekitar 4000 tahun SM (sebelum masehi). Lukisan tersebut adalah gambar sejarah renang paling terkenal yang di temukan di padang pasir kebir.

Di negara Sakura Jepang, teknik renang ini merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. Sejarah mencatat bahwa pertandingan pertama kali di selenggarakan oleh kaisar Suingui pada 36 SM.

Sejarah gaya Renang

Sejarah Gaya Renang
Via : lessons.sg

Nicolas Wymann adalah seorang professor dari jerman, yang telah menulis sebuah catatan bahwa olahraga renang modern pertama kali lahir di muka bumi pada tahun 1538.

Pada tahun 1800 sebuah perlombaan renang mulai diadakan setelah banyak di bangunnya kolam-kolam renang, kolam renang tersebut pertama kali di buat di Jerman dan juga di Australia. Kolam renang tersebut digunakan untuk perlombaan dan latihan para prajurit perang. Pada waktu itu juga olahraga renang mulai masuk ke dalam mata pelajaran sekolah-sekolah keprajuritan.

Pertandingan renang dilakukan di Eropa sekitar tahun 1800. Pertandingan tersebut merupakan pertandingan pertama yang memperebutkan juara di dunia. Sebagian para peserta lomba tersebut menggunakan teknik gaya dada.

Nah setelah banyak perkembangan dalam olahraga renang, tercipta pula gaya dan teknik renang lainnya. seperti gaya renang bebas yang pertama kali dikenalkan oleh Thrugen, sering juga dinamakan dengan gaya Thurgen.

kemudian tercipta lagi gaya renang baru dengan kombinasi dengan gaya renang sebelumnya. Gaya renang tersebut dinamakan gaya renang kaki menendang yang diciptakan oleh Richard Cavill pada tahun 1902, Beliau mengembangkan gaya tersebut di kepulauan Solomon, Amerika.

Di abad pertengahan, teknik renang ini harus dikuasai dan dimiliki oleh para kesatria. Hal tersebut dilakukan agar para kesatria mampu membawa senjata ketika berada di perairan. Sehingga dapat mempertahankan diri di dalam air saat perang.

Sejarah Olimpiade Renang Pertama

Olahraga renang memiliki sejarah dalam Olimpiade yaitu pada tahun 1896 Olimpiade renang pertama dalam sejarah yang diselenggarakan di negara kota Athena, Yunani.

Pada Olimpiade pertama Yunani saat itu hanya menggunakan 4 nomor saja, yang sebelumnya telah berencana memakai enam nomor. Jenis-jenis nomor itu terdiri dari 100 meter, 500 meter, nomor bebas, serta 100 meter bagi para pelaut.

Kemudian adanya Olimpiade kedua yang diselenggarakan di kota paris, Prancis pada tahun 1900, Pertandingan di paris menggunakan beberapa nomor yaitu 200 meter, 1000 meter, 4000 meter, nomor bebas, 200 meter gaya dada, serta 200 meter untuk nomor beregu.

Pada kaum wanita, pertandingan pertama kalinya di adakan yaitu pada Olimpiade 1912 di mana pertandingan olahraga itu di selenggarakan di Stocholm, Belanda. Namun, saat itu masih menggunakan nomor bebas. Seiring berkembangnya olahraga renang, permainan ini semakin populer. Penggemar olahraga renang juga semakin banyak dari yang muda sampai yang tua, dan anak usia dini pun sering di ajarkan berenang.

Induk Organisasi Renang

Federation Internationalee De Natation De Amateur ( FINA )

FINA atau Federasi Renang Internasional adalah induk organisasi renang internasional olahraga renang. Induk organisasi ini di bentuk pada tahun 1908, Selain renang Fina juga merupakan induk dari renang indah, polo air dan selam. Selain itu FINA juga bertugas membuat peraturan internasional untuk mengatur kejuaraan renang.

Persatuan Berenang Seluruh Indonesia ( PBSI )

PBSI adalah Induk organisasi olahraga renang di indonesia, yang didirikan pada tanggal 21 Maret 1951. lalu PBSI mulai menjadi anggota FINA sejak tahun 1952. pada tahun 1952 juga perenang indonesia pertama kali mengikuti lomba dalam olimpiade.

Manfaat Olahraga Renang

Manfaat Olahraga Renang
Via : jurnal.maskoolin.com

Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat ( Mens Sana In Corpore Sano), ungkapan itulah yang di ucapkan oleh Marselius Sampe Tondok. Dengan berolahraga maka tubuh kita akan menjadi sehat, dengan di imbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat tentunya.

Olahraga renang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh manusia. antara lain :

1. Dapat Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Sudah pasti jika berolahraga adalah kunci untuk meningkatkan kebugaran tubuh, berenang juga merupakan olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Berenang dengan menggunakan gaya bebas maupun gaya renang lainnya selama 15 sampai 20 menit secara konstan, hal tersebut dapat membantu merangsang metabolisme tubuh dan membakar lemak berlebih. Karena olahraga Berenang merupakan gerakan senam aerobik di dalam air.

2. Dapat Meredakan Stress

Tahukah anda, dengan berenang akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks yang mengakibatkan menurunnya tingkat stress. Hal ini terjadi karena saat melakukan gerakan renang di dalam air, hormon endorfin dalam otak semakin meningkat.

3. Alternatif Rekreasi

Terkadang dalam bekerja kita mendapati berbagai masalah yang menimbulkan rasa lelah, capek, dan kurang bergairah. Solusi untuk meningkatkan mood kembali adalah dengan berenang.

Berenang merupakan kegiatan olahraga yang cocok untuk melepas penat. Tak heran banyak orang di akhir pekan yang pergi rekreasi ke water bom atau kolam renang bersama sanak saudara, keluarga atau mungkin pacar hanya untuk melepas penat.

4. Dapat Menambah Tinggi Badan

Berenang merupakan cara yang ampuh untuk menambah tinggi badan secara alami. Penelitian sudah membuktikan bahwa dengan olahraga berenang adalah yang paling bagus untuk meningkatkan tinggi badan.

5. Dapat Membentuk Tubuh yang Ideal

Berenang sangat efektif dalam membentuk tubuh menjadi ideal terutama pada bisep. Dengan menggerakan seluruh anggota badan khususnya tangan dan kaki, maka tubuh akan terbentuk secara alami.

6. Dapat Membentuk Otot

Otot terbentuk karena sering berolahraga, Nah anda bisa melihat para atlet perenang di seluruh dunia pasti memiliki tubuh yang ideal dan otot yang kuat sehingga dapat melaju kencang di dalam air.

7. Dapat Membakar Kalori

Dengan melakukan olahraga renang di dalam air maka dapat membakar kalori lebih banyak, anda tidak perlu lari berpuluh-puluh meter atau bersepeda untuk membakar kalori lebih banyak. anda hanya cukup dengan berenang tanpa perlu mandi keringat.

8. Melatih Pernapasan

Olahraga berenang membutuhkan pernapasan yang kuat, maka dengan berenang secara terus menerus sistem pernapasan anda akan terlatih sedikit demi sedikit hingga napas anda semakin panjang. Hal tersebut juga dapat memacu pada aliran pembuluh darah, jantung, dan paru-paru menjadi lebih lancar dari pada sebelumnya.

9. Self Safety

Self Safety atau mengamankan diri. Renang perlu anda kuasai untuk berbagai keperluan yang mungkin anda perlukan di masa mendatang. Contohnya di saat anda di terjang oleh banjir anda bisa menyelamatkan diri dan mungkin dapat menolong orang lain yang tenggelam di air dsb. sekarang renang juga masuk dalam tes kesemaptaan yang digunakan pada tes untuk masuk ke akademi, TNI, atau Polri.

10. Bagi Wanita Hamil

Bagi wanita yang sedang mengandung akan memberikan kesehatan diantaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tidur menjadi lebih nyenyak, menghindari stress, mencegah prematur, melonggarkan otot-otot sekitar pinggul, membantu proses persalinan, memperkuat jantung serta dapat memperkuat jantung

11. Bagi Kesehatan Bayi

Bagi kesehatan bayi antara lain dapat membantu perkembangan motorik bayi, perkembangan saraf, proses pertumbuhan, meningkatkan sistem imun, agar tidak rewel saat mandi, membantu keberanian bayi agar tak mudah terkejut, dan membantu adaptasi bayi di tempat lain.

12. Bagi Kesehatan Wanita

Bagi kesehatan wanita antara lain adalah dapat menjaga tubuh tetap ideal, menjaga bentuk tubuh setelah proses persalinan atau hamil, mengencangkan G-Spot, mengencangkan otot-otot, detoksifikasi racun dalam tubuh, serta dapat menghilngkan stress.

13. Bagi Orang Tua

Bagi kesehatan orang tua adalah menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat, mencegah pikun, mencegah stroke, menjaga fungsi jantung dan paru, tubuh lebih rileks, tidak mudah terserang penyakit,

14. Bagi Kesehatan Umum

Pada umumnya berenang sangat efektif untuk diterapkan bagi yang memiliki cidera ringan, memiliki stroke ringan, melatih paru-paru agar lebih kuat, dan tentunya memperkuat pernapasan.

Materi & Teknik Dasar Renang

Pemanasan Sebelum Berenang
Via : mensjournal.com

Dalam Olahraga Renang memiliki beberapa materi dan teknik dasar yang perlu kalian perhatikan. Materi dan teknik dasar renang tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, yang pastinya membuat tubuh menjadi lebih maksimal.

Pemanasan Sebelum Berenang

Sebelum Berenang baiknya lakukan terlebih dahulu pemanasan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. karena sudah ada beberapa kasus tenggelam yang di alami oleh perenang dikarenakan keram di beberapa bagian tubuh yang sebelumnya diakibatkan karena tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa teknik-teknik pemanasan yang harus kalian lakukan sebelum berenang :

1. Lateral Extention

Pemanasan ini dilakukan dengan cara berdiri lalu gerakan kepala beserta badan anda ke samping kiri dan kanan, lakukan gerakan ini sebanyak hitungan 8 kali.

2. Standing Back Flection

Gerakan pemanasan Standing Back Flection bertujuan untuk melenturkan tulang leher ke bawah. gerakan ini dilakukan dengan posisi kepala mengadah dan kedua tangan anda berada di pinggang. Tariklah ke belakang kepala bersama dengan punggung anda, lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali.

3. Standing T

Pemanasan ini merupakan pemanasan yang bertujuan meregangkan otot-otot pada paha, betis dan kaki, sehingga pada saat berenang otot-otot tersebut tidak kaku.

Cara melakukan pemanasan Standing T ini yaitu dengan posisi badan berdiri tegak lalu letakan kedua tangan anda di bagian pinggul. Lakukan gerakan pemanasan ini dengan melangkah ke depan lalu ke belakang secara bergantian.

4. Forward Lunge

Gerakan pemanasan Forward Lunge ini dilakukan untuk meregangkan otot-otot paha, betis dan juga kaki. hal tersebut dilakukan sebelum masuk ke dalam air, supaya otot sedikit lemas dan memanas.

Gerakan pemanasan ini cukup mudah anda lakukan hanya dengan posisi badan tegak lalu letakan tangan pada bagian pinggul. Selanjutnya gerakan kaki anda melangkah ke depan dan ke belakang bergantian.

5. Quadruped Rocking

Pemanasan ini dilakukan dengan posisi badan seperti sedang merangkak. posisikan lutut dan tangan sejajar, lalu kemudian tarik tangan dan kaki ke arah belakang. Gerakan ini jika dilakukan akan merelaksasikan otot punggung serta tulang belakang.

Semua pemanasan di atas hanya beberapa dan masih banyak lagi pemanasan renang lainnya. Pemanasan tersebut sangat penting dilakukan untuk mengurangi resiko cedera pada anggota tubuh. dan yang sering terjadi oleh para perenang adalah Keram Otot.

Pendinginan Renang

Setelah selesai berenang, baiknya lakukan pendinginan, hal ini penting untuk diperhatikan supaya detak jantung anda dapat kembali normal. Saat berenang, otot akan memproduksi asam laknat, jika dibiarkan tanpa melakukan pendinginan setelah berenang maka akan beresiko menumpuk dalam tubuh anda.

Setiap individu memiliki rutinitas berenang yang berbeda-beda tergantung dari setiap kebutuhan masing-masing individu. Untuk merileksasikan tubuh setelah berenang hanya melakukan gerakan ritme renang ringan beberapa lap dengan tujuan untuk mengendurkan otot-otot pada tubuh.

cara melakukan pendinginan :

Hadaplah posisi tubuh pada dinding kolam lalu posisikan kedua tangan berpegangan pada tepi kolam. selanjutnya lipat kedua kaki dengan sejajar dengan dada dan telapak kaki menempel di dinding.

Lakukan juga peregangan dalam pancuran air hangat saat mandi/bilas. Tahan posisi peregangan selama kurang lebih 30 detik untuk dapat membilas limbah hasil kerja otot tubuh. Hal ini dikarenakan akan mengembalikan kelenturan dan merangsang otot.

Nah dalam memulihkan kondisi badan anda juga bisa sambil memakan camilan yang berkarbohidrat atau meminum minuman ringan. Hal ini dapat mengembalikan energi atau ion tubuh yang hilang saat anda melakukan aktivitas renang sebelumnya.

Macam – Macam Teknik Gaya Renang

Macam Teknik Gaya Renang
Via : merdeka.com

Dalam Berenang terdapat beberapa macam gaya yang berbeda-beda namun hampir sama. Terdapat lima macam gaya renang, yaitu renang gaya bebas, renang gaya kupu-kupu, renang gaya dada, renang gaya katak, renang gaya punggung. Anda dapat mempelajari semua gaya renang tersebut, Berikut penjelasan lengkap yang perlu anda ketahui :

A. Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas merupakan teknik renang yang sangat populer dikalangan para perenang. Selain teknik renang ini sangat mudah dilakukan dan dipelajari, gaya renang ini juga merupakan teknik gaya renang tercepat dara pada teknik gaya renang yang lainnya.

Teknik ini dilakukan dengan cara meluncur ke permukaan air dengan terus-menerus tanpa berhenti, kepala selalu bergeleng/memaling ke kanan dan ke kiri keluar permukaan air supaya bisa bernapas.\

Posisi tubuh juga tidak terlalu sulit. Pada posisi dada selalu menempel pada permukaan air, dan kepala keluar masuk dengan geleng ke kanan dan ke kiri, serta posisi tubuh dengan kaki lurus bersejajar.

Kedua tangan juga digerakkan dengan bebas dan bergantian,. Gerakan kaki juga tidak terlalu sulit karena hanya mengayuh mendorong air ke belakang. Akan tetapi teknik gaya renang ini memerlukan kekuatan yang cukup agar dapat berenang jauh

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat dengan mudah dan cepat dalam menguasai teknik gaya bebas ini :

1. Melatih Gerakan kaki

Langkah pertama, melatih gerakan kaki. Posisikan kedua kaki dan paha anda secara lurus atau sejajar dengan lutut. Lalu gerakan kedua kaki seperti orang yang sedang berjalan. Yaitu dengan mencambuk air secara perlahan sehingga tubuh mendapat dorongan melaju ke depan.

2. Melatih Gerakan Tangan

Langkah kedua, melatih gerakan tangan. Posisikan kedua tangan degan lurus di sebelah kepala anda. Pada kedua telapak anda saat di depan usahakan saling berdekatan. Lalu tariklah salah satu tangan ke bawah sambil merapatkan jari-jari anda seperti sedan mengayuh dan lakukan secara bergantian.

3. Teknik Mengambil Nafas

Seperti yang sebelumnya saya jelaskan di atas bahwa teknik mengambil nafas dilakukan dengan cara menoleh/memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri secara bergantian. akan tetapi harus seirama dengan gerakan tangan.

Seperti contoh gambar di bawah ini, jika tangan kiri anda bergerak maju ke depan, maka wajah berpaling ke sebelah kanan, dan juga sebaliknya. Dalam pengambilan nafas tidak di batasi, anda dapat mengaturnya dalam setiap gerakan. Mereka para perenang yang sudah pro bernapas pada setiap 8 gerakan.

Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas dilihat dari samping / Via : wikimedia.org
Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas dilihat dari atas / Via : wikimedia.org
freestyle swimming
Renang gaya bebas dilihat dari belakang / Via : wikimedia.org

B. Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang Gaya Kupu-Kupu
Via : enjoy-swimming.com

Renang gaya kupu-kupu merupakan salah satu teknik gaya renang yang cukup sulit dilakukan atau dipelajari oleh para pemula. Hal ini karena teknik gaya renang tersebut memerlukan otot punggung yang kuat agar bisa meluncur dengan cepat. Ada beberapa teknik yang harus anda pelajari dalam melakukan teknik renang gaya kupu-kupu :

1. Posisi Badan

Dalam melakukan teknik renang gaya kupu-kupu, posisi tubuh merupakan hal sangat penting untuk melakukan gaya tersebut. Karena tubuh lah yang akan menentukan kesempurnaan pada teknik tersebut.

Satu hal yang harus anda perhatikan bahwa posisi tubuh harus sedatar mungkin dengan permukaan air. Gerakan gaya kupu-kupu ini dilakukan dengan cara naik turun secara vertikal atau keluar masuk ke dalam air.

Gerakan naik turun merupakan titik tumpu utama dan menjadikan ketahanan akan lebih besar. Oleh karena itu para perenang yang melakukan teknik gaya kupu-kupu ini harus dapat menjaga keseimbangannya sehingga dapat tetap melaju dengan cepat.

  • Pengambilan Nafas

Agar mudah dalam mengambil nafas, baiknya kepala keluar dari permukaan air dengan sepenuhnya. Keluarkan terlebih dahulu karbondioksida pada saat kepala masih berada di dalam air. Kemudian ambillah nafas ketika kepala anda sudah benar-benar naik ke permukaan air.

  • Posisi Kaki

Pada posisi kaki lakukan gerakan seperti lumba-lumba dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Namun dalam melakukannya jangan sampai anda memukul air terlalu dalam, hal tersebut akan memberikan tekanan pada tubuh bagian depan dada.

2. Melatih Gerakan Kaki

Langkah pertama – Posisi kaki harus rapat dan lurus ke belakang sejajar.

Langkah kedua – Gerakkan kaki anda seperti lumba-lumba yaitu ke atas dan ke bawah. Namun gerakan kaki hanya sedikit menekuk alias tidak boleh bengkok.

Langkah ketiga – Dorong air dengan kedua punggung kaki anda secara bersamaan dan dorong dengan tenaga yang cukup agar dapat melaju ke depan dengan sempurna.

3. Melatih Gerakan Lengan

Terdapat 2 macam teknik bentuk gerakan lengan pada gaya renang kupu-kupu ini, yang harus dilakukan secara bersamaan.

A. Gerakan Recovery

Gerakan recovery yaitu merupakan gerakan langkah awal dalam mengayun kedua tangan anda. Yaitu, dimulai dari akhir gerakan mendayung sampai gerakan awal akan mendayung.

Setelah posisi tangan berada diluar dari permukaan air, lemparkan kedua tangan anda ke depan dan lakukan teknik tersebut berkali-kali dengan rileks dan serempak antara lengan kanan dan lengan kiri.

B. Gerakan Dayungan Lengan

Untuk gerakan dayungan lengan teknik ini terdiri atas gerakan menarik dan mendorong. Berikut adalah urutan cara menarik dan mendorong air :

  • Langkah awal, pada saat akhir dayungan, kedua lengan bersiap untuk melakukan gerakan recovery.
  • Langkah kedua, Pada saat melakukan gerakan recovery, lemparkanlah lemparkan kedua lengan anda ke arah samping permukaan air.
  • Langkah ketiga, setelah itu kedua tangan andan masuk ke dalam air, lengan tersebut akan berada di garis bahu depan kepala anda.
  • Langkah keempat, ketika lengan sudah masuk ke dalam air, badan otomatis akan menempati posisi tunduk yang di mana kepala anda masuk ke dalam permukaan air.
  • Langkah kelima, kedua lengan tersebut mulai melakukan gerakan menarik ke arah luar permukaan air.
  • Langkah keenam, kedua lengan anda nantinya akan mulai bergerak ke arah dalam serta posisi lengan masih dalam keadaan menekuk pada lutut.
  • Langkah ketujuh, kemudian kedua lengan melakukan dorongan ke arah dalam air.
  • Langkah kedelapan, dan pada akhirnya, kedua belah ibu jari tangan anda akan dengan sendirinya menyentuh bagian paha anda.
  • Langkah kesembilan, Lalu setelah itu lakukan kembali gerakan tersebut dari awal lagi.
Renang gaya kupu-kupu
Renang gaya kupu-kupu dilihat dari atas / Via : wikimedia.org
Butterfly stroke swimming
Renang gaya kupu-kupu dilihat dari depan / Via : wikimedia.org

Renang Gaya Dada atau Katak

VRenang Gaya Dada atau Katak
Via : athleticexplorations.co

Teknik renang gaya ini atau dinamakan Breast Stroke, sering disebut juga dengan teknik renang gaya katak. Sebutan gaya katak tersebut dikarenakan gaya berenangnya mirip seperti ayunan kaki katak saat berenang di air.

Teknik renang gaya dada atau katak ini merupakan teknik renang yang dilakukan dengan santai tanpa terburu-buru. Gaya renang ini sangat popular karena gaya renang tersebut sering digunakan oleh para perenang umum dengan tujuan hanya untuk berolahraga renang dan bersenang senang tentunya. Teknik gerakan renang yang halus membuat tubuh menjadi rileks dan tidak mudah lelah saat melakukannya.

Teknik ini dilakukan dengan posisi badan telungkup di dalam air dan kepala akan masuk sejenak lalu keluar lagi ke permukaan air sejenak untuk mengambil napas. Pergerakkannya harus stabil, maju kedepan, dengan kedua kaki dan tangan secara stimulan.

Dalam menggunakan teknik renang gaya ini baiknya anda bernapas setelah 2 sampai 4 kali gerakan lengan mengayun. Teknik renang ini merupakan gaya renang yang paling lambat dari teknik gaya renang lainnya.

Satu hal lagi ketika anda akan melakukan teknik renang gaya dada ini, usahakan posisi kepala dan badan anda dengan benar, untuk mengurangi resiko cedera keram pada leher anda.

Sebelum melakukannya ada baiknya anda mengetahui poin-poin yang harus anda perhatikan untuk melatih dan menguasai teknik gaya renang tersebut. Berikut lima cara latihan teknik renang gaya dada :

A. Latihan Teknik Gerakan Meluncur

  • Tempelkan salah satu kaki anda ke dinding pada tepi kolam, dan kaki yang satunya lurus ke bawah.
  • Pastikan badan anda membungkuk dan sejajar dengan permukaan air.
  • Pastikan posisi pada kedua tangan anda lurus ke depan dengan lengan menempel pada hidung anda.
  • Kemudian dorong badan anda sekuat mungkin sehingga dapat meluncur di air dengan cepat.

B. Latihan Gerakan pada Kaki

Latihan gerakan kaki ini sangat berperan penting dalam berenang, karena kaki merupakan sumber gerak pada tubuh anda di dalam air. Jika anda melakukan gerakan kaki ini dengan benar maka laju berenang anda di dalam air akan lebih cepat dan leluasa.

Berikut adalah cara menggerakkan kaki saat berenang :

  • Posisikan terlebih dahulu badan anda telungkup dan sejajar dengan permukaan air.
  • Berpeganglah pada dinding tepi kolam agar lebih mudah untuk berlatih.
  • Jangan memasukkan kepala kedalam air, tetapi letakkan kepala di atas permukaan air.
  • Tariklah kedua kaki anda ke samping seperti layaknya seekor katak, lalu luruskan kembali dan mengayun lagi.
  • Berikan dorongan kaki yang besar ketika kedua kaki anda akan menutup untuk dapat melaju dengan sempurna.

C. Latihan Gerakan Tangan

Gerakan ketiga yang tidak kalah penting dalam teknik ini yaitu gerakan pada tangan. Walaupun gerakan yang diberikan oleh kaki tenaganya lebih kuat, gerakan tangan ini berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang saat meluncur. Dan gerakan tangan ini juga membantu kepala untuk keluar dari dalam air ke permukaan air untuk mengambil napas. Berikut adalah cara melakukan latihan gerakan tangan :

  • Posisi kaki menempel pada tepi kolam renang, biasanya kaki menempel jika ada tiang untuk dijadikan pegangan.
  • Luruskan kedua tangan anda dan pastikan kepala anda berada di permukaan air dengan jelas lalu pandanglah ke depan.
  • Lalu setelah tangan anda lurus, arahkan ke samping badan hingga menyentuh pinggul. setelah itu kembalikan dengan melewati dada anda.

D. Latihan Cara Pernapasan

pengambilan napas dalam melakukan gerakan renang gaya ini adalah saat kepala sepenuhnya berada di atas permukaan air. Doronglah kedua tangan ke samping bawah sehingga kepala akan dengan sendirinya terdorong ke luar permukaan air.

Udara di keluarkan saat di dalam air dan masukan kepala anda ketika berada di atas permukaan air. Biasanya pernapasan ini dilakukan sebanyak 2 hingga 4 kali gerakan tangan. Namun pada pemain profesional, biasanya melakukan pernapasan setelah 8 gerakan.

Renang gaya dada atau katak
Renang gaya dada dilihat dari samping / Via : wikimedia.org
Renang gaya dada
Renang gaya dada atau katak dilihat dari depan / Via : wikimedia.org
Breaststroke swimming
Renang gaya dada atau katak dilihat dari atas / Via : wikimedia.org

Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung
Via : usport.uz

Pada teknik renang gaya punggung prinsipnya sama seperti halnya pada dasar teknik renang lainnya. Hanya saja pada gaya punggung ini memiliki rincian, rincian tersebut seperti posisi badan, gerakan kaki dan lengan, pengambilan nafas, serta koordinasi gerakan keseluruhan.

A. Posisi Badan

Posisi badan pada gaya punggung ini bisa dikatakan cukup sulit jika dilakukan oleh perenang pemula. Kelebihan teknik gaya renang punggung ini adalah saat pengambilan napas cukup mudah. Karena posisi badan pada gaya renang tersebut terlentang, maka wajah akan selalu berada di atas permukaan air.

1. Teknik Start saat Meluncur

Bagaimana permulaan awalan start saat akan meluncur dengan baik agar nantinya bisa di praktekan pada saat renang dengan gaya punggung ini. Berikut ini merupakan cara meluncur para atlet renang profesional saat di atas permukaan air :

  • Peganglah tepi kolam renang dengan kedua tangan anda, usahakan jarak sisi kedua tangan anda selebar bahu.
  • Tekuk/Lipat kedua kaki anda pada dinding kolam sehingga lutut berada di antara kedua lengan. Lalu tempelkan kedua telapak kaki anda pada dinding kolam. Telapak kaki anda tersebut yang nantinya digunakan sebagai dorongan pada awal permulaan start
  • Setelah bersiap pada posisi tersebut di atas, lalu lepas tangan anda dengan kepala lurus ke belakang, setelah itu dorong dinding kolam renang dengan kedua telapak kaki anda sehingga memberikan pantulan yang kencang pada awal permulaan start.
  • Setelah melakukan dorongan tersebut, usahakan wajah anda berada di atas permukaan air, dan posisi badan yang terlentang. Lalu pada kedua lengan letakkan pada kedua bagian sisi tubuh anda.
  • Lakukan latihan ini sebaik mungkin dan berulang-ulang agar nantinya saat awal permulaan start memberikan dorongan yang kuat dan sempurna.

2. Posisi Badan saat Tengah Meluncur

Tahap Persiapan – Badan terapung degan posisi terlentang di atas permukaan air, dan kedua tangan berada di samping sisi kanan dan sisi kiri badan. kemudian tarik ibu jari anda ke atas menyusuri bagian samping tubuh anda. Lalu ibu jari akan menyentuh bahu bagian atas dan putarlah pergelangan tangan anda mengarah keluar.

Tahap Pelaksanaan – Rentangkan lengan anda ke arah atas dan menjauhi badan anda, lalu luruskan lengan anda dengan ketinggian setara dengan bahu.

Tahap Lanjutan – Letakkan kedua lengan menempel pada sisi kanan dan sisi kiri badan anda dengan rileks sambil merasakan luncuran. Jika anda belum bisa dan belum terbiasa, anda bisa menggunakan bantuan pelampung. Peganglah pelampung pada kedua tangan dan kedua anda. dan perhatikan posisi kedua tangan anda berada lurus di atas kepala.

B. Gerakan pada Kaki

Gerakan kaki pada renang gaya punggung ini sama saja seperti teknik renang gaya bebas. Yang membedakannya adalah teknik ini dilakukan dengan posisi badan terlentang. Lakukan latihan gerakkan kaki dengan posisi badan tetap terlentang di permukaan air.

1. Teknik Gerakan Kaki pada saat Berenang

  • Perenang di dalam air dengan posisi badan berdiri berada di tepi kolam renang, posisi punggung sedikit rapat pada dinding kolam. Kedua lengan dibengkokan ke atas agar dapat memegang bagian tepi kolam renang.
  • Lalu angkat kedua kaki ke atas ke arah permukaan air bersamaan dengan badan, dan otomatis posisi seluruh anggota badan akan lurus terlentang di atas permukaan air.
  • Kemudian setelah itu kedua kaki di gerakan secara bergantian ke arah atas dan ke bawah.
  • lakukan gerakan tersebut beberapa menit untuk melatih kekuatan otot kaki. Usahakan saat melakukannya kaki anda harus lemas dan tidak kaku.

2. Bentuk Latihan pada Gerakan Kaki

Dalam melakukan latihan gerakan kaki. Pertama yang harus kalian lakukan sebagai awalan untuk latihan adalah dengan menggerakan kaki dalam posisi duduk. Dan latih juga kedua tangan anda dengan posisi merentang ke samping. Bisa juga melatih sambil memegang pinggir/tepi kolam dalam posisi terlentang.

C. Gerakan Lengan

1. Ada 3 Jenis Fase Pada Teknik Gerakan Lengan

  • Fase Istirahat – Gerakan istirahat dimulai dari tangan yang keluar dari permukaan air, ibu jari keluar terlebih dahulu. Setelah itu tangan berada di atas bahu (lengan tegak lurus dengan bahu), tangan di putar keluar, dan lalu masuk ke permukaan air dengan jari kelingking terlebih dahulu yang masuk. Proses istirahat ini harus dilakukan dengan sangat rileks dan seirama dengan lengan yang bergerak menarik dan mendorong.
  • Fase Menarik – Pada gerakan menarik dimulai setelah telapak tangan anda masuk beberapa inchi dari permukaan air sampai titik maksimal. Tekukan siku atau telapak tangan tepat berada di samping luar bahu.
  • Fase Mendorong – Pada gerakan mendorong ini dimulai dari akhir tarikan, tangan mendorong ke belakang dan ke bawah dalam gerakan satu perempat lingkaran.

2. Teknik Dasar Gerakan Lengan Gaya Punggung

  • Pertama – Pada salah satu ujung kaki anda, kaitkan di setang atau tiang yang berada di tepi kolam renang. Selanjutnya salah satunya bertumpu pada dinding kolam renang sebagai penyangga badan agar tidak tenggelam nantinya.
  • Kedua – Posisi badan tentunya terlentang dan usahakan wajah tetap berada di atas permukaan air. Dan pastikan kedua tangan anda berada di samping kiri dan kanan badan anda.
  • Ketiga – Ayunkan lengan secara bergantian dengan lurus ke arah permukaan air melewati kepala anda. Lalu salah satu lengan anda akan memutar dari depan melewati bawah air dan yang satunya berada di atas permukaan air.
  • keempat – Setelah tangan anda masuk ke dalam air, pada posisi inilah saatnya untuk mendorong lengan keluar ke atas permukaan air. lalu saat tangan anda sudah berada di posisi luar permukaan air akan berada tepat di samping badan anda.
  • Kelima – Untuk memperoleh hasil yang maksimal, rapatkan jari-jari anda ketika sedang mengayunkan kedua lengan anda secara bergantian.

3. Cara Lain Pada Latihan Gerakan Lengan

Latihan meggerakan lengan di atas permukaan air tanpa bantuan apapun. Latihan gerakan lengan dengan cara berdiri di dalam kolam, lalu berlatih gerakan lengan anda menggunakan bantuan pelampung yang di letakkan pada bagian perut.

D. Gerakan Pengambilan Napas

Cara pengambilan napas pada teknik renang gaya punggung ini bisa dilakukan terus menerus. Sangat berbeda dengan teknik renang gaya yang lainnya, karena gaya punggung ini wajah berada di atas permukaan air. Lalu gerakan pengambilan napas dilakukan ketika salah satu lengan beristirahat dan lengan yang satunya sedang mengayun.

E. Koordinasi Gerakan Renang

Latihan teknik berenang gaya punggung ini dilakukan dengan cara bertahap. Mulai dari latihan gerakkan meluncur, yang kemudian dilanjutkan dengan teknik gerakkan kaki, lalu gerakkan lengan & yang terakhir adalah latihan pengambilan napas. Dengan semua tahap-tahap tersebut, anda akan dapat berenang dengan gaya punggung secara maksimal tentunya.

Renang gaya punggung
Renang gaya punggung dilihat dari samping / Via : wikimedia.org
gaya punggung
Renang gaya punggung dilihat dari atas / Via : wikimedia.org
Backstroke swimming
Renang gaya punggung dilihat dari depan / Via : wikimedia.org

Risiko Berenang

resiko Berenang
Via : cdn.turkmedya.com

Berenang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk merileksasikan diri. Namun, ketika kita berenang di kolam renang terdapat risiko yang buruk bagi kesehatan. Beberapa fakta yang perlu kita ketahui agar nantinya dapat memahami risiko yang akan kita hadapi di kemudian hari.

1. Klorin Dalam Air Kolam Renang

Klorin merupakan bahan kimia yang terdapat pada air kolam renang, yang digunakan untuk membunuh bakteri. Namun penggunaannya belum cukup efektif untuk membunuh beberapa bakteri yang berada di dalam air kolam renang, Namun masih ada bakteri yang dapat hidup pada air kolam renang yang sudah tercampur dengan klorin, yaitu bakteri Pinworm.

Bakteri Pinworm ini merupakan jenis cacing yang bilamana tertelan dan masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan masalah serius pada pencernaan. Yang lebih mengejutkan lagi, bakteri tersebut dapat bertahan selama 10 hari di dalam air panas sekalipun.

2. Bau Kaporit yang Menyengat

Bagi anda yang pernah berenang di kolam renang pasti sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Kebanyakan kolam renang pada umumnya menggunakan kaporit. Air kolam renang yang berbau kaporit sebenarnya adalah hasil pencampuran klorin dengan urine serta keringat, maupun cairan tubuh manusia lainnya. Kolam renang yang bersih adalah kolam renang yang airnya tidak memiliki bau sedikitpun.

3. Mengandung Kotoran & Urine Manusia

Wah mungkin ini kedengarannya sangat mengejutkan dan mengerikan bukan?

Memang ini benar adanya. Salah satu survey yang pernah dilakukan oleh Center of Disease (CDC) membuktikan bahwa dari 1000 orang dewasa 20% diantaranya mengakui pernah buang air kecil saat berenang di kolam renang umum.

Faktanya adalah jika saat anda berenang merasakan perih di mata anda, itu bukanlah murni dari bahan kimia kaporit, melainkan dari klorin yang sudah tercampur dengan urine dan keringat manusia.

Sejumlah penelitian juga menemukan yang tak kalah mengejutkan, yaitu terdapat bakteri E.Coli pada air kolam renang umum yang biasanya terdapat pada fases manusia, Penelitian tersebut mengemukakan bahwa ada sekitar 58% sampel dari kolam renang yang terkontaminasi oleh bakteri E.Coli tersebut.

Manusia memiliki sekitar 14 gram di dalam pencernaannya, Nah otomatis jika berenang kolam tersebut secara tidak langsung akan terkontaminasi oleh fases manusia tersebut. Bayangkan jika dalam suatu kolam renang umum terdapat 1000 pengunjung setiap harinya. sangat mengerikan bukan?

4. Terdapat Resiko yang Menanti Bagi Kesehatan.

Ada beberapa risiko yang menanti setelah anda berenang pada kolam renang umum yang terkontaminasi oleh bakteri , diantaranya adalah sebagai berikut :

Infeksi Mata

Infeksi mata sangat sering dikeluhkan oleh beberapa perenang yang sering mengalami setelah melakukan aktivitas berenang pada kolam renang. Infeksi mata tersebut diakibatkan oleh bakteri Naegleriasis dan bakteri Acanthamoebiasis. Untuk mencegah infeksi mata baiknya setelah berenang anda langsung mandi dengan air panas.

Diare dan Infeksi Cacing

Resiko terjadinya Diare sangat tinggi hal ini karena pada kolam renang umum memiliki sanitasi air yang buruk sehingga memungkinkan adanya bakteri E.Coli yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mengakibatkan diare.

lain dengan infeksi cacing, infeksi tersebut biasanya timbul dikarenakan karena tidak mandi setelah melakukan aktivitas berenang. Hal tersebut terjadi dimana larva cacing masuk ke dalam tubuh melalui sela-sela kuku pada jari tangan dan jari kaki.

Infeksi Telinga & Kulit

Infeksi yang terjadi pada kulit dan telinga pada saat berenang umumnya diakibatkan karena adanya bakteri Pseodomonas aeruginosa. Bakteri tersebut mampu berkembang biak di dalam air kolam renang yang walaupun pada air kolam renang yang sudah dicampur dengan desinfektan (semacam klorin). Gejala ini sangat sering terjadi tanpa kita sadari. Dari mulai gatal dan ruam kulit serta sakit pada telinga, hal tersebut akan dapat menimbulkan masalah yang lebih serius tentunya.

Infeksi Jamur Kaki

Infeksi Jamur dan kaki terjadi akibat bakteri Tineas Pedis. bakteri tersebut yang dapat menyebabkan kulit terkelupas. Bakteri tersebut tidak hanya di dalam air kolam renang tetapi juga terdapat di lantai dan tepi kolam.

Influenza

Influenza adalah virus yang sering dikaitkan saat dimana seseorang sedang flu. influenza dapat menyerang siapa saja. Virus tersebut dapat menyerang tubuh ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Nah di kolam renang juga dapat menjadi perpindahan virus tersebut dengan mudah ke orang lain.

Tips Agar Terhindar dari Resiko Berenang

  • Sebelum anda masuk ke kolam renang pastikan anda mandi terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar menghilangkan residu pada kulit dan juga melembabkan kulit yang dapat mengurangi kontaminasi terhadap kuman-kuman.
  • Seringkali kita saat berenang tidak sengaja menelan air kolam renang, padahal hal tersebut sangat berbahaya jika air kolam renang sampai tertelan. Jangan sekali-kali menelan air kolam renang, sudah tahu kan resikonya?
  • Pakailah kaca mata renang ketika sedang berenang, hal ini untuk mencegah infeksi pada mata saat berenang.
  • Setelah berenang bilaslah dengan air hangat dan menggunakan sabun dan peralatan mandi sendiri, hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kontaminasi terhadap kuman.
  • Bersihkan diri anda sebersih mungkin setelah selesai berenang, Bersihkan tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan teliti, agar kuman terbilas dengan sempurna.
  • Minum air putih secukupnya untuk mencegah dehidrasi saat anda berenang.
  • Gunakan alas kaki ketika anda berada di sekitar kolam renang umum. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terpeleset dan terhindar dari bakteri yang hidup di tepi kolam renang.

Nah itu semua materi lengkap dari olahraga renang, semoga anda bisa lebih paham dan mengerti tentang olahraga renang, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca.

Tinggalkan komentar