Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat – Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat, sebaiknya pahami dulu apa itu jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang muncul saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Masalah ini seringnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik atau benjolan-benjolan kecil pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Walaupun jerawat berpotensi untuk dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus jerawat terjadi di saat masa puber, yaitu pada remaja berusia sekitar 10 hingga 14 tahun, dan kondisinya akan semakin parah bagi orang dengan kulit berminyak.

Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan stres.

 

Macam-Macam Penyebab Munculnya Jerawat

Sebelum masuk ke langkah menghilangkan jerawat, pahami dulu berbagai penyebab munculnya jerawat. Berikut beberapa faktor penyebab munculnya jerawat di kulit anda.

1. Produksi Minyak Berlebihan

Penyebab Jerawat Karena Kelebihan Minyak / Via : cdn.shopify.com

 

Jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak atau sebaceus gland yang menimbulkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

Penyebab yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit yang berkolaborasi dengan bakteri.

2. Sel-Sel Kulit Mati

Kebanyakan kasus jerawat disebabkan oleh berlebihnya kelenjar minyak yang giat diproduksi oleh hormon androgen.

Peradangan jerawat ditimbulkan oleh kelenjar minyak yang berlebih kemudian bercampur dengan sel kulit mati yang menumpuk pada kulit.

Ketika sel kulit itu tercampur dengan debu atau kotoran maka campuran yang tebal dan lengket tersebut dapat membentuk penyumbat yang tampak seperti bintik hitam atau putih.

3. Bakteri

Bakteri yang sering ditemukan pada permukaan kulit disebut dengan P. Acne. Bakteri ini cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat dan kemudian menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya.

Kelenjar yang terus membengkak kemungkinan akan pecah dan kemudian menyebarkan radang ke daerah kulit sekitarnya.

Hal inilah yang menyebabkan jerawat batu menjadi jenis yang paling mungkin terjadi. Jerawat jenis ini sering meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka mirip cacar yang permanen.

4. Produk Kosmetik

Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori sering kali disebabkan oleh penggunaan kosmetik dengan kandungan minyak tinggi atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation (alas bedak). Foundation yang terkandung pada bedak akan menyebabkan bubuk bedak menyumbat pori-pori.

5. Penggunaan Obat-Obatan

Mengonsumsi obat kortikosteroid, baik secara oral (minum) maupun secara topical (oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga dapat meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena meningkatnya aktivitas bakteri patogen.

6. Ponsel Atau Telepon Genggam

Mengagetkan bukan? Permukaan dari telepon genggam dapat menjadi media subur pertumbuhan  bakteri. Cara pencegahannya adalah anda perlu membersihkan permukaan ponsel secara rutin menggunakan kapas atau tisu yang sudah dibahasi cairan alkohol. Usahakan pula untuk tidak menempelkan telepon genggam ke pipi anda ketika menelepon.

7. Stres

Sebenarnya, stres tidak menjadi faktor langsung timbulnya peradangan jerawat. Yang membuat stres menjadi faktor tidak langsung tumbuhnya jerawat adalah terdapatnya hormon tertentu yang keluar ketika seseorang dilanda stres.

Bukan cuma itu, stres juga membuat orang tersebut akan cenderung  mengonsumsi makanan manis dan berlemak sebagai sebuah proses pelarian dari stres.

 

Jenis-Jenis Jerawat yang Sering Muncul pada Kulit

Berikut beberapa jenis jerawat yang sering ditemui pada kulit.

1. Komedo

cara menghilangkan jerawat
komedo / via : thucucclinics.com

Anda tentunya sudah sering mendengar istilah ini. Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa dalam kondisi terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka atau disebut blackhead, terlihat seperti pori-pori yang menonjol dan berwarna hitam.

Sedangkan komedo yang tertutup (whitehead) memiliki lapisan kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih.

 

2. Jerawat Biasa

Jerawat Biasa
Jerawat Biasa / via : media.self.com

Jerawat ini adalah jenis yang paling mudah dikenali, dengan ciri berupa tonjolan kecil berwarna merah muda atau putih kemerahan. Jerawat ini muncul disebabkan karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne.

Bakteri ini terbiasa hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu pada area beradanya asam lemak di kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi pada bagian dalam pori-pori kulit.

 

3. Jerawat Batu atau Cystic Acne

Jerawat Batu
Jerawat Batu / via : hijapedia.com

Jerawat batu adalah jerawat yang cukup besar dengan peradangan hebat, dan berkumpul diseluruh muka. Tak jarang jerawat jenis ini disamakan dengan bisul. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dengan riwayat serupa.

 

5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Besok adalah jadwal kencan anda dengan gebetan namun jerawat malah tiba-tiba muncul di wajah. Meminum antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin mungkin akan mampu mengurangi kemerahan, tapi tentu saja membutuhkan beberapa hari untuk melihat hasilnya.

Apakah ada cara menghilangkan jerawat dalam semalam saja? Berikut beberapa bahan perawatan alami efektif dan sederhana untuk Anda praktikkan di rumah agar kemerahan jerawat dapat hilang dalam semalam.

 

1. Es Batu

Menghilangkan Jerawat Menggunakan Es Batu
Menghilangkan Jerawat Menggunakan Es Batu / Via : cdn.shopify.com

Cara memusnahkan jerawat yang memerah dengan cara tercepat adalah menggunakan es batu. Gunakan kain bersih untuk membungkus beberapa es batu kemudian letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi.

Kompres selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan tampak berkurang. Pastikan Anda tidak menekan jerawat terlalu kencang, karena dapat melukai dan menyebabkan bakteri malah menyerang bagian tersebut.

 

2. Obat Tetes Mata

Menghilangkan Jerawat Dengan Obat Tetes Mata
Menghilangkan Jerawat Dengan Obat Tetes Mata / Via : wowkeren.com

Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dipercaya mampu membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Letakkan kapas bersih yang sudah di basahi dengan tetes mata di dalam kulkas selama semalam.

Keesokan harinya, letakkan kapas tersebut pada jerawat selama beberapa menit. Saat cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Cara ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang.

 

3. Aspirin

Menghilangkan Jerawat Dengan Aspirin
Menghilangkan Jerawat Dengan Aspirin / Via : www.telegraph.co.uk

Aspirin tak hanya berfungsi untuk mengobati sakit kepala. Aspirin mengandung asam salisilat yang mampu mengurangi peradangan yaitu dengan membantu mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah.

Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi dua bagian. Tambahkan air. Oleskan pada bagian jerawat kemudian gunakan plester untuk menutupnya selama 30 menit.

 

4. Pasta Gigi Tanpa Mint dan Flouride

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi Tanpa Mint
Menghilangkan Jerawat Menggunakan Pasta Gigi Tanpa Mint dan Flouride / Via : s3.amazonaws.com

Pasta gigi adalah salah satu bahan yang sering disebut ampuh mengatasi kemerahan pada jerawat. Pasta gigi mengandung silica yang membantu mengeringkan jerawat.

Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Kandungan ini bukan hanya akan mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

 

5. Make Up

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Make Up
Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Make Up / via : kfetele.ro

Anda juga bisa menggunakan produk make up untuk menutupi kemerahan. Saat ini telah banyak kosmetik tidak berminyak dan non-komedogenik.

Pilihlah kosmetik dengan bahan dasar mineral silica, titanium dioksida, dan zinc oksida yang tidak mengiritasi kulit. Bahan ini juga efektif menghilangkan minyak dari kulit dan menutupi kemerahan.

 

Tinggalkan komentar